MISI EVANGELIS MEMBAWA KABAR SUKACITA

Pembelajaran Alkitab tentang Nehemia

Button Nehemiah 11 Button Nehemiah 22 Button Nehemiah 33 Button Nehemiah 44 Button Nehemiah 55 Button Nehemiah 66 Button Nehemiah 77 Button Nehemiah 88 Button Nehemiah 99 Button Nehemiah 1010 Button Nehemiah 1111 Button Nehemiah 1212 Button Nehemiah 1313
Button DiscipleshipMenjadi MuridNyaButton LukewarmSuam-suam kukuButton AssignmentTugas dan DoaButton BuildingPembangunan
Button DifficultiesKesusahanButton 7 lessons7 Pelajaran Button Reading BibleMembaca AlkitabButton Image of JesusGambar Yesus

Menjadi MuridNya

Apakah artinya?

Menjadi murid yang teladan berarti mengikuti Tuhan Yesus, hidup seperti Yesus. Begitu pula orang percaya harus melayani dan menjadi pengikut Tuhan Yesus Kristus yang telah bangkit dari kayu salib. Kita dapat melakukannya dalam empat langkah:

  1. Bekerja dengan Roh Kudus
  2. Menghitung harga yang harus dibayar
  3. Menunjukkan pengabdian yang baru
  4. Mengakui adanya pengampunan

1. Tubuhku adalah bait suci Roh Kudus

RumahLoteng : Akal SehatPikiran
Kamar : TubuhKudus
Dapur
Ruang Tamu
 : Roh
 : Roh
Makanan
Pakaian: Rapi dan terawat
Ruang bawah tanah : TubuhHubungan intim, Kehidupan yang lama

Memiliki Roh Kudus yang bekerja dalam hidup Anda: dalam pikiran, jiwa dan tubuh, dan tanpa berusaha melawan atau menolak dengan cara apapun, tetapi dengan memberikan Roh Kudus kebebasan penuh di semua aspek kehidupan Anda untuk membentuk diri Anda dalam pekerjaan-Nya.

Contoh

Jack dan Margot telah membeli rumah. Mereka punya rencana bagus untuk mendekorasinya. Sebelum menikah, mereka tahu bahwa penghuni lama yang sudah tua masih tinggal di sana, tetapi mungkin akan segera meninggal. Tetapi pada hari pernikahan mereka, mereka diberitahu bahwa orang tua itu masih hidup. Mereka tetap memegang rencananya. Setelah 3-5 tahun orang tersebut ternyata masih tinggal di rumahnya. Rencananya pun mulai memudar.

Pelajaran

Begitu pula dengan pekerjaan Roh Kudus. Kita menerima Yesus Kristus, yang memiliki hak atas kita dengan darah-Nya. Dan tubuh kita menjadi bait (rumah) Roh Kudus. Tetapi kemudian muncul pertanyaan: Apakah kita bekerja di dalam hidup dengan cara lama (kehidupan lama), atau dengan cara pemilik baru, Roh Kudus?

2. Perhitungan harga yang harus dibayar

Lukas 14:25-35

Pada suatu kali banyak orang berduyun-duyun mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. Sambil berpaling Ia berkata kepada mereka: "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya.Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang? Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian. Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku. Garam memang baik, tetapi jika garam juga menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya baik untuk ladang maupun untuk pupuk, dan orang membuangnya saja. Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

3. Pengabdian (baru)

Yohanes Pembaptis: Sebagai pemberita Injil Allah.

Elia: Sebagai pembuat mukjizat yang menggunakan doa untuk menyembuhkan orang sakit..

Yesus Kristus memiliki pengabdian yang benar:Sepenuhnya berserah pada Kehendak Allah
Menyembuhkan yang sakit (dan yang sakit hati: orang berdosa)
Sepenuhnya berserah sampai kematianNya di Bukit Golgota
Orang percaya:Menyerahkan diri sepenuhnya kepada Roh Kudus
Menyerahkan keinginan Anda sendiri kepada Tuhan
Menyerahkan tanggung jawab Anda kepada Tuhan Yesus Kristus dan biarkan Dia menjaga Anda, biarkan Dia membimbing Anda dalam semua perkara, yang Dia perintahkan kepada Anda

4. Kepastian pengampunan

Kepastian dalam pengampunan dosa: Matius 11:28-30; Phil. 3:14 dan 1 Yohanes 1:9. Meskipun kita tersandung dan berdosa berulang kali, kita memiliki kepastian pengampunan dosa di dalam Tuhan Yesus Kristus jika kita mengaku kepada-Nya.

Apa arti Lukas 14:25-35?

Lukas 14:25-35: Tuhan Yesus tidak mengajak, tetapi menolak.
Menjadi murid Yesus berarti Anda harus mempercayai Tuhan Yesus Kristus 100%, dan memberikan Roh Kudus kebebasan penuh untuk membentuk Anda. Mengapa Tuhan menuntut 100%?

  1. Dia menyerahkan diri-Nya 100% dan mati di kayu salib di Bukit Golgota.
  2. Jika Anda tidak memberikan 100%, maka kehidupan spiritual Anda akan terhambat. Anda akan menginjak rem terus menerus pada perkara-perkara Anda, karena Tuhan selalu berkata "TIDAK" untuk pekerjaan Anda sendiri.

Menjadi muridNya berarti melakukan penyerahan diri sepenuhnya untuk pelayanan Tuhan Yesus Kristus
Benci: adalah menempatkan diri Anda pada posisi kedua, dan menempatkan Tuhan Yesus Kristus pada posisi pertama.
Meninggalkan hidup Anda yang penuh dosa bagi Yesus, berarti kepastian diterima oleh Tuhan Yesus Kristus.

Marilah datang kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu mudah dan beban-Kupun ringan. (Matius 11:28-30).

Mengapa Tuhan Yesus Kristus memberi Anda (sementara) sebuah salib untuk dipikul (kelemahan, penyakit, beban, cacat, penderitaan)?
Untuk lebih memahami mereka, yang sudah memiliki beban dalam hidupnya!

Ada banyak orang yang tidak ingin memikul salib mereka. Memikul salib telah dikaitkan dengan kematian. Mereka yang tidak siap untuk mati (sendirian), tidak dapat berharap untuk menjadi murid Yesus (Ibrani 4:12-13 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.).

Kehidupan jiwa berkaitan dengan perasaan Anda. Perasaan mungkin memberi tahu Anda bahwa Anda tidak mampu. Pedang Tuhan menembus jiwa dan roh. Kita tidak harus bergantung pada perasaan kita,tetapi harus mengikuti instruksi Tuhan!!

Secara medis Anda tidak dapat membagi sendi-sendi dan sumsum, kecuali jika orang tersebut meninggal. Seorang murid harus membuang egoismenya. Menjadi murid adalah proses bertumbuh selama hidup Anda. Anda tidak bisa kehilangan egoisme Anda sekaligus, itu adalah harapan yang terlalu muluk. Jika Anda menyerahkan diri Anda pada pekerjaan Roh Kudus, Anda akan kehilangan egoisme Anda secara bertahap, dan Roh Kudus akan menunjukkan kepada Anda bagian mana dari ego Anda yang perlu dihilangkan. DAN jangan lakukan ini dengan kekuatan Anda sendiri, tetapi melalui buah dan kekuatan kerja Roh.
Jika Anda memikul salib (kuk) Anda, dan Anda siap untuk memikul salib (yang Tuhan taruh atas Anda pada saat itu), Anda tidak akan segera merasakan kuknya, karena berkat besar akan datang atas Anda. Kadang-kadang kuk bisa sangat berat, sehingga Anda mungkin berpikir bahwa Anda akan terjatuh. Maka mintalah Roh Kudus untuk memberi Anda kata-kata untuk berdoa dengan segala kejujuran dan kekudusan kepada Tuhan dan untuk memberi tahu Tuhan Allah dan Tuhan Yesus Kristus bahwa Anda tidak lagi mampu memikul kuk (dan katakan mengapa). Seringkali Tuhan membiarkan kuk tersebut tetap bersama Anda, karena Dia berdiri di samping Anda, dan Anda harus melanjutkan, jika tidak Anda tidak berguna bagi Tuhan, dan Dia tidak dapat membentuk Anda. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, Dia akan mendengarkan Anda, dan (untuk sementara) melepaskan kuk.
YA, menjadi murid berarti (kadang-kadang) memikul salib.

Tuhan Yesus berkata: "Ikuti Aku". Bukan berjalan di depan, tetapi berjalan di belakang Tuhan Yesus Kristus, dan juga tidak berjalan di samping.
Terkadang orang percaya ingin maju dengan cepat, dengan terburu-buru. Tetapi Tuhan memiliki waktunya sendiri untuk hidup Anda. Kadang-kadang orang percaya berharap terlalu banyak, dan mereka belum siap untuk perkara atau kuk, yang akan diberikan Tuhan kepadanya. Kesabaran adalah praktik yang baik. Kadang-kadang Tuhan harus membuat beberapa persiapan (pada orang percaya lain, orang kafir, pemimpin), jadi Anda harus menunggu waktu Tuhan!
Mengikuti di belakang-Nya jauh lebih mudah !!! Ketika Anda berjalan di depan, berulang kali Anda perlu bertanya jalan mana yang seharusnya diambil, dan Anda harus berdiri diam sampai Tuhan Yesus kembali berada di samping Anda. Mengakibatkan ketidaksabaran, keraguan, ketidakamanan dan pertanyaan!

Mengikuti: Anda hanya bisa mengikuti, saat Anda berjalan di belakang seseorang.

Menyangkal semua:
ADALAH: menerima semuanya dari Tuhan, yang kemudian dibersihkan dan dimurnikan oleh Tuhan. Tuhan memberi Anda semua kebutuhan untuk pekerjaan-Nya dan kemampuan Anda untuk pelayanan-Nya.
Anda tidak pernah menerima ketika Anda berjalan di depan, Anda hanya menerima ketika Anda berjalan di belakang-Nya! Siapa yang mengikuti Tuhan Yesus Kristus untuk datang ke tempat di mana Tuhan menginginkan Anda. Mereka yang berjalan di depan Yesus, tidak sampai di tempat yang dikehendaki Tuhan (karena Anda sudah berbalik terlalu dini ke kanan atau ke kiri).

Matius 10

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu." "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang. Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, atau seorang hamba dari pada tuannya. Cukuplah bagi seorang murid jika ia menjadi sama seperti gurunya dan bagi seorang hamba jika ia menjadi sama seperti tuannya. Jika tuan rumah disebut Beelzebul, apalagi seisi rumahnya. Jadi janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah. Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga." "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya. Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku. Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."

Apa artinya ini?

Rencana Tuhan untuk murid-murid-Nya sempurna.
Sangat penting untuk memahami petunjuk Tuhan, bahwa Dia ingin Anda mengikuti rencana-Nya untuk hidup Anda.

Ayat 5
Tuhan Yesus memberikan instruksi yang sangat rinci tentang bagaimana Dia ingin pekerjaan itu dilakukan. Tuhan menentukan untuk Anda, di mana Dia ingin Anda bekerja. Jadi, Anda TIDAK dapat memilih area kerja Anda sendiri. Tuhanhanya memberi Anda kekuatan di area mana Dia ingin Anda bekerja untuk-Nya, tidak pernah di luar area itu. Kepastian tujuan Anda akan Anda terima bila Anda patuh.
Tuhan memberimu tujuan. Anda akan menjadi tertekan ketika Anda mencoba untuk keluar dari area Anda, dan di sana Anda tidak akan diberkati dan bekerja tanpa hasil. Tidak ada orang di luar daerah Anda yang akan menjadi seorang Kristen!!

Ayat 9
Tuhan mempersiapkan kita untuk tugas yang harus kita selesaikan sebagai murid-Nya. Dia mengatakan kepada kita, bahwa kita tidak boleh membawa keyakinan-keyakinan duniawi dalam upaya untuk melakukan hal-hal besar (tetapi harus melalui kuasa Roh Kudus). Lihat Kisah Para Rasul 3:1-10, tidak ada perak dan emas. . . . melainkan penyembuhan.
Berterimakasihlah kepada Tuhan atas keterbatasan yang Anda miliki. Ketika Anda tidak mampu bekerja dengan anak-anak, maka orang lain dapat melakukan pekerjaan itu dan Anda dapat mengabdikan diri kepada apa yang Tuhan perintahkan pada Anda. Kita (orang percaya) semua adalah anggota Tubuh Kristus (1 Korintus. 12:12-30), setiap orang percaya (Kristen) memiliki tugas dan kewajiban di dalam Tubuh Kristus.
In 2 Korintus. 12:9 Tuhan berkata: Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna. Tuhan tidak memberi kuasa, agar Dia dapat bekerja sepenuhnya di dalam Anda. Jadi jangan pernah khawatir kelemahan Anda untuk tugas yang harus dilakukan. Tuhan menjaga segala sesuatu, kebutuhan spiritual (melalui kuasa Roh Kudus, yang bersemayam di dalam Anda), urusan finansial dan makanan.

Ayat 11-15
Pekerjaan Tuhan mengikuti aturan Allah. Metode Tuhan tidak sama untuk semua orang. Dia tidak hanya memberikan tugas dan area Anda, tetapi juga cara kerja Anda. Setiap murid menerima metode berbeda untuk bekerja. Karena itu jangan iri dengan kemampuan saudara-saudara Anda (talenta mereka). Jangan mengkritik, tetapi mintalah berkat atas perkara mereka dan Anda.
Dari Firman Tuhan, Alkitab, pelajarilah cara yang Yesus gunakan untuk mengajar murid-murid-Nya, dan pelajari apa yang paling cocok untuk Anda. Berdoa meminta kebijaksanaan Tuhan untuk mengungkapkan Kehendak-Nya dan talenta Anda.
Pendeta atau dewan gereja harus mendukung orang yang terpanggil. Dewan gereja tidak boleh menentang mereka yang terpanggil atau memberi tahu bagaimana mereka harus melakukan pekerjaan mereka. Tuhan melengkapi dan menggunakan setiap individu dengan cara-Nya dan menetapkan bahwa paroki dan dewan gereja hanya ada untuk membantu dan membimbing, membangun dan mendukung dalam doa di belakang yang terpanggil. Semua harus berdoa untuk tugas mereka sendiri dan pemenuhan Roh Kudus.

Ayat 16-21
Dalam pekerjaan Anda, Tuhan menunjukkan kepada Anda bahayanya. Jadi jangan takut, karena Tuhan memberi tahu Anda tentang bahaya tersebut, karena itulah keinginan-Nya, untuk (memberitahu Anda )Tuhan TIDAK akan melindungi Anda saat Anda melakukan apa yang Dia kehendaki atau saat Anda tidak bekerja dengan kekuatan-Nya.
Terkadang Anda menerima beban berat untuk berdoa bagi diri Anda sendiri atau sesama saudara dan saudari Anda dan bagi orang yang tidak percaya. JANGAN dihindari, luangkan waktu (jam) Anda untuk berdoa. Tuhan memiliki tujuan dari beban itu (dan dalam doa-doa Anda). Tuhan ingin disembah, dan di dalam doa Dia dapat mengungkapkan hal-hal dan tugas-tugas kepada Anda, dan membuat semuanya menjadi jelas bagi Anda dalam mendukung saudara-saudari Anda melawan serangan Setan. Luangkan waktu Anda untuk mendengarkan Dia, sehingga Dia dapat menunjukkan jalan untuk Anda.

Domba: gambaran kelemahan, yang tidak dapat melakukan apa pun dengan sendiri.

Kepolosan: hati-hati, patuh, waspada.

Tuhan TIDAK mengatakan bahwa kita dapat terhindar dari tangan orang-orang kafir, pemenjaraan dan penyiksaan. Namun, orang kafir hanya bisa membunuh tubuh duniawi, bukan jiwa orang beriman. Karena orang percaya tahu bahwa pada saat Kedatangan Yesus mereka akan menerima tubuh yang tidak binasa. Kemudian orang percaya akan berada di Surga untuk selama-lamanya. Orang kafir hanya dapat menyentuh hal-hal duniawi, tetapi tidak dapat menghancurkan hal-hal surgawi.

Ayat 18
Jangan ragu untuk bersaksi bagi Kristus (asalkan Anda telah mempersiapkan diri Anda dalam doa)

Ayat 19-24
Bapa Surgawi menjaga kita. Bahkan dalam situasi yang paling sulit.

Ayat 24-28
Ayat-ayat ini mungkin tidak kedengaran tekun di telinga kita, tetapi melarikan diri tidaklah mungkin. Oleh karena itu, marilah kita bersukacita atas berkat di balik ini semua. Karena Tuhan Yesus telah melewatinya dan Dia tetap setia sampai mati. Oleh karena itu Dia bersama kita dan memahami kita (Ibrani 4:14-16).

Ayat 28-42
Imbalan dari ketekunan dan keteladanan kita

Misi Tuhan terdiri dari:

  • Tuhan dimuliakan
  • Paroki/jemaah Tuhan Yesus Kristus dibangun (orang percaya bertumbuh dalam pengetahuan tentang Firman Tuhan dan berserah sepenuhnya kepada Roh Kudus).
  • Kerajaan Allah berkuasa dan jiwa-jiwa diselamatkan.

Tuhan dimuliakan oleh:

  • Yohanes 15:9-10 Kepatuhan bekerja melalui Kasih (Kasih, lihat 1 Kor. 13)
  • Yohanes 15:16, 19 Tinggal di dalam Tuhan Yesus Kristus
  • Yohanes 17:11 Persatuan antara Tuhan dan Anda, lalu Anda dan sesama
  • Yohanes 3:7 Tetap menjadi orang benar
  • 1 Yohanes 4:17 Keyakinan
  • Ibrani 12 Melihat di dalam Tuhan, kepastian pemenuhan doa.

Kembali ke MenuKembali ke atas


Suam-suam kuku

Suam-suam kuku dan TertidurSayangnya, ada banyak orang Kristen yang suam-suam kuku dan sedang “tertidur”, dan ini membuat Tuhan sedih. Karena Tuhan Yesus Kristus telah memberikan hidup-Nya untuk orang Kristen dan Tuhan tidak ingin ada yang binasa melainkan semua menerima hidup kekal di dalam Yesus Kristus. Namun untuk itu Tuhan membutuhkan banyak orang percaya, orang Kristen, yang memberitakan Injil dan menyediakan finansial yang diperlukan untuk tugas tersebut. Ketika orang Kristen gagal maka banyak yang binasa, dan ini adalah tanggung jawab orang Kristen.

Apa alasan orang Kristen suam-suam kuku dan tertidur?

  1. Seseorang tidak membaca Alkitab setiap hari (lihat: Membaca Alkitab). Banyak orang Kristen tidak berdoa sebelum mereka mulai membaca Alkitab dan tidak meminta urapan Roh Kudus untuk memahami dan belajar dari Firman Tuhan, sehingga seseorang tidak memahami makna Alkitab karena tersembunyi. Akibatnya pengetahuan Alkitab gagal untuk disebarkan dan pewartaan serta pengajaran Injil jadi tidak efisien.
  2. Tidak ada doa harian Roma 8:27; Ibrani 13:15-16; Yesaya 59:16 and 1 Samuel 12:23.
  3. Tidak mau melayani Tuhan (Ibrani 12:15-16, Roma 15:26-27).
  4. Terfokus pada kekecewaan, kesedihan mereka sendiri, kemalangan, hingga mereka berhenti membaca Alkitab, berdoa dan memberitakan Filipi 3:14.
  5. Pujian dan ucapan syukur telah lenyap Efesus 5:20, Filipi 4:4 dan 2 Tesalonika 2:13.
  6. Gagal untuk mengakui dosa-dosa mereka 1 Yohanes 1:9. Jika seseorang mempertahankan ini, maka dia akan memadamkan Roh, 1 Tesalonika 5:16-19.
  7. Mengabaikan untuk bertemu dengan sesama orang percaya, Ibrani 10:25.
  8. Kurangnya cinta kasih untuk sesama dan kepada Tuhan..

Untuk kedelapan hal ini, Anda sendirilah yang akan bertanggung jawab. Alasan yang paling sering didengar adalah: "Ya, tapi saya tidak punya cukup waktu." Apakah ini benar-benar alasan yang dapat diterima Tuhan? Bagaimana perasaan Anda ketika Tuhan memberi tahu bahwa "Sekarang Aku tidak punya waktu untukmu." Apakah bagi Anda hanya menganggap kebaikan Tuhan ketika Anda sedang putus asa, dan tiba-tiba meminta Tuhan harus ada untuk Anda?
Jujur saja, seharusnya tidak begini, bukan?

Berapa banyak waktu dan uang yang Tuhan investasikan kepada Anda untuk menyelamatkan Anda, dan untuk memastikan bahwa Anda percaya kepada Tuhan Yesus Kristus?
Tuhan mengizinkan kita semua untuk menggunakan materi dan hasil dari milik-Nya: materi duniawi.
Manusia hanyalah seorang pengurus. Manusia diizinkan untuk memanen jagung dan gandum. Tapi tanpa hujan, tidak ada panen, melainkan kekeringan dan kelaparan.
Jadi, sebagai orang percaya Anda adalah pengurus atas waktu dan tubuh Anda. Anda berada dalam pelayanan-Nya. Tuhan Yesus Kristus telah mengambil Anda, membebaskan Anda dari kuasa Setan dengan darah-Nya yang mahal dan kematian-Nya. Dia telah memberi Anda hidup yang kekal dan memberi Anda kemakmuran surgawi (Filipi. 3:20).
Anda dengan bebas menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat Anda dan mengambil keputusan ini. Tetapi keputusan ini juga memiliki konsekuensi.

Di dalam Firman-Nya, Alkitab, Tuhan Yesus telah memberikan banyak perintah kepada orang-orang percaya-Nya (agar Anda dapat memenuhinya dengan kekuatan dan Rahmat-Nya). Pelayanan Anda di bumi sangat singkat, mungkin 1-60 tahun? Itu tidak ada hubungannya dengan kehidupan yang makmur dan kekal ,yang menanti Anda di Surga. Jika Anda tidak percaya kepada Yesus, maka kematian kekal menanti Anda di lautan api.

Apa perintah utama Tuhan? Kita baca dalam Yohanes 13:34

Tuhan Yesus sangat mengasihi kita, sehingga Dia memberikan hidup-Nya untuk kita. Jadi kita juga harus saling mencintai sesama. Mencintai berarti berserah diri dan memberi untuk orang lain, juga dalam perbuatan! Tuhan berharap, bahwa Anda mencintaiNya dengan sepenuh hati, jiwa dan kekuatan! Tuhan berharap Anda melayaniNya.
Mengapa Anda tidak melayani Tuhan atas rasa syukur? Karena Anda telah menerima roh anak domba (Roma 8:15). Betapa besar rahmat dan keistimewaan yang Tuhan berikan kepada Anda.

Jadi, apakah ada alasan lain untuk melakukan tujuh perintah ini?
Ya, baca Lukas 14:14-24.Banyak yang tidak punya waktu atau alasan lain. Kemudian Tuhan menjadi marah. Tuhan mengabaikan yang diundang dan memberikan tempat duduk bagi orang lain. Mengapa Anda menyia-nyiakan rahmat Anda? Anda masih bisa mendapatkanbanyak pahala di Surga:

  1. Jikakita gigih dan tetap setia, kita akan memerintah bersama Tuhan Yesus Kristus sebagai raja dalam 1000 tahun Kerajaan-Nya 2 Timotius 2:12.
  2. Jika kita menderita bersama Dia (1 Petrus 3:13-18 dengan sabar menderita), kita menerima kemuliaan kekal 2 Timotius 2:9-10.
  3. Jikakita mempertahankan keberanian dan harapan sampai akhir, kita akan memasuki rumah Kristus (berbeda dari rumah Allah) Ibrani 3:6, Flp. 3:10-14.
  4. Jikakita berkomitmen sepenuhnya untuk menjadi saksi Injil, kita akan menerima karangan bunga yang tidak binasa 1 Korintus 9:19-27.
  5. Jika kita mempertahankan iman kita sampai akhir, kita akan menerima mahkota kebenaran 2 Timotius 4:7-8.
  6. JikaJika kita menahan godaan dengan baik, kita akan menerima mahkota kehidupan Yakobus 1:12, Wahyu 2:10.
  7. Jikakita telah memberikan semua penghormatan dan ucapan syukur kepada Tuhan, kita akan menerima mahkota Wahyu 4:9-10.

Marilah kita selalu ingat bahwa penderitaan singkat kita (10-60 tahun?) di dunia sama sekali tidak sebanding dengan kemuliaan, kedamaian, ketenangan, dan kenikmatan yang kekal (milyaran tahun) di Surga.
Tuhan harus menempati posisi pertama dalam hidup Anda, sebelum istri / suami Anda, sebelum anak-anak Anda, sebelum hobi / pekerjaan Anda. Lihat Wahyu 2:4-5 dan Lukas 14:26.

Marilah kita menghormati dan memberikan waktu yang kita miliki kepada Tuhan.

Apa pun tugas Anda, bekerjalah dengan sungguh-sungguh, sebagaimana Anda melayani Tuhan, bukan manusia, dengan begitu Anda akan menerima pahala Anda dari Tuhan; Anda melayani Tuhan Kristus (Kolose 3:23).

Kembali ke MenuKembali ke atas


Tugas dan Doa, Nehemia 1

Apakah artinya?

Nehemia, kehidupan spiritual dan tugasnya.

Nehemia terpengaruh ketika dia mengetahui tentang keputusasaan di Yerusalem. Nehemia tinggal di benteng Susa. Di sinilah tempat kemakmuran dan perlindungan. Namun hatinya masih dibebani oleh nasib orang-orang yang tetap dipenjara di Yerusalem. Keputusannya membimbingnya untuk berdoa dan memutuskan untuk bertindak.

Berbagai bentuk doa:

  1. Doa yang serius.
    Nehemia mulai melakukan doa di bulan Chislev (Desember) dan masih berdoa di bulan Nisan (Maret). Jadi dia berdoa setidaknya empat bulan. Itu menjadi dasar kerja kerasnya.

    Doa kita tidak akan pernah dikabulkan jika kita tidak berkomitmen pada perkara yang kita doakan.

    Nehemia berdoa dengan serius. Dia sangat sering berdoa, bahkan sampai menangis dan berduka. Saking sibuknya berdoa, hingga dirinya lupa makan (puasa).
  2. Nehemia memohon anugrah Tuhan. Dia tidak murka atas keinginan saudara-saudara seimannya.
  3. Doa yang konsisten.
    Sejak sekarang saya berdoa siang dan malam untukMu. Doa tidak hanya pada saat-saat hening. Perkara untuk seseorang yang digerakkan, maka hendaknya dibawa terus menerus ke dalam doa di hatinya. Hal ini terus menerus dibicarakan dengan Tuhan, bahkan selama bekerja dan juga ketika sedang istirahat. Ibrani 4:16 "Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya".
  4. Doa yang rendah hati dan penuh pengakuan.
    Nehemia sendiri adalah orang yang benar, yang tidak melakukan kesalahan. Karena dia adalah juru minuman raja. Namun tetap dia mengakui dosa bangsanya. Dia mempersatukan dirinya dengan mereka dan bersyafaat: Sungguh kami telah berbuat salah terhadap-Mu.
  5. Doa Alkitab.
    Nehemia mulai memohon pada apa yang Tuhan katakan. Seseorang harus menerima dan memohon janji Tuhan. Nyatanya, Anda harus mengingatkan Tuhan akan janji-janji-Nya. Tapi tentunya Anda harus memenuhi syarat dari Tuhan.
    Hal itu dimulai dari diri Anda sendiri. Berdoa untuk pembersihan hidup Anda, akui dosa-dosa Anda. Nehemia mengakui dosanya, meski ia tidak melakukan kesalahan apapun. Dia memohon: Ini perkaraMu. Kami adalah hamba-Mu. Kami adalah umatMu. Inilah kuasa-Mu, dan seterusnya.
  6. Nehemia sebelumnya tidak pernah bersedih di hadapan raja. Kesaksian kita mungkin memancarkan kebahagiaan Tuhan. Raja tersebut tidak bertuhan dan merupakan musuh Israel. Nehemia berdoa kepada Tuhan ketika dia bersama raja. Dia buru-buru memanjatkan doa kepada Tuhan. Dia berdoa untuk rakyatnya, tapi dia juga datang kepada raja yang membutuhkan bantuannya. Doa Nehemia khususnya mengarah ke praktik pelayanan.
    Banyak orang ingin mendoakan orang lain, tetapi mereka gagal melakukan pelayanan.

    Berdoa juga berarti kita menawarkan tindakan bantuan kepada mereka yang kita doakan. Hal tersebut bisa bisa diwujudkan dengan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, atau dengan meminta orang lain yang mampu melakukannya untuk memberikan bantuan, atau dengan memberikan bantuan finansial.

    Jadilah benar dalam pekerjaan Tuhan. Tepatilah janji. Berhati-hatilah dalam mempertahankan kepercayaan orang, terutama orang-orang kafir (diibaratkan bekerja dengan raja yang tidak bertuhan).
    Keberanian Nehemia tumbuh. Dia melanjutkan: "Jika itu menyenangkan raja ...."
    Dia tidak bodoh, tetapi rendah hati dan tunduk.
    Nehemia menerima hal-hal yang dibutuhkan dari raja yang tidak bertuhan:
    • Surat untuk para pemimpin
    • Kayu untuk gerbang, tembok kota dan rumahnya
    • Petugas tentara dan penunggang kuda untuk pelindung.
    Raja memberikannya, karena tangan Tuhan ada di atas Nehemia. Mengapa tangan Tuhan menguasai dia?
    • Nehemia berdoa siang dan malam
    • Nehemia memiliki keteguhan terhadap perkaranya
    • Nehemia rela menawarkan dirinya untuk perkara ini.

Mengapa doa harian DIPERLUKAN?

  1. Kita semua memiliki alasan untuk bersyukur setiap hari kepada Tuhan, karena Dia telah memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk mati bagi dosa-dosa kita dan dengan begitu kita dapat memiliki persekutuan dengan Tuhan Bapa setiap saat. Kita dapat bersyukur atas penderitaan, kematian dan kebangkitan Putra-Nya, Tuhan Yesus Kristus.
    Kita dapat bersyukur atas makanan dan minuman yang berlimpah yang kita terima dari-Nya setiap hari dan bahwa kita tidak dilahirkan di negara yang miskin, kelaparan, dan dingin.Kita boleh bersyukur atas kesehatan kita (sebab kita bukan orang cacat yang menderita sakit kronis).
    Kita dapat berterima kasih atas didengarnya doa kita. Karena bahwasannya Tuhan hadir dalam setiap pekerjaan orang-orang yang mengasihiNya (Roma 8:28). Untuk Tuhan yang telah membangkitkan Anak-Nya di sisi kanan-Nya, di mana sekarang Ialah Imam Besar kita (Ibrani 4:15) berdoa dan memohon bagi orang-orang percaya (Roma 8:34).
    Kita boleh bersyukur bahwa Roh Kudus tinggal di dalam setiap orang percaya, Dia memberi kita kasih, kekuatan dan kebijaksanaan. Karena Roh Kudus yang menyucikan kita dari dosa, sehingga dengan mengaku dosa kita bisa terus bersatu dengan Tuhan dan menghasilkan buah Roh (Galatia 5:22)..
  2. Syafaat harian diperlukan dalam pelayanan Tuhan Yesus Kristus. Mengapa?
    1. Alkitab memerintahkannya: Ibrani 13:7 Ingatlah para pemimpin Anda.
    2. Merupakan pertempuran melawan kuasa kegelapan dan Setan.
    3. Agar terus menerus melepaskan ego, kadang merupakan perjuangan penyangkalan diri, untuk hidup dalam gambar Tuhan Yesus Kristus dan menjadi teladan bagi orang lain.
      Seringkali seseorang menaklukkan jiwa melalui kesaksian dalam sikap, sehingga orang-orang kafir melihat perubahan dalam hidup kita dan menyaksikan gambaran Tuhan Yesus Kristus di dalam kita.
    4. Mereka harus memberikan banyak kasih kepada orang yang membenci dan mengejek mereka.
    5. Peperangan melawan ajaran palsu, yoga, T.M., spiritualisme, horoskop, aborsi, homoseksualitas, dan sebagainya. Ini adalah serangan melawan kekuatan kegelapan dan Setan. Tidak hanya orang-orang kafir yang tidak menyukai ini, bahkan saudara-saudari di dalam Kristus menyerang para pemimpin Kristen atas masalah-masalah tersebut, karena mereka berkata: "Karena Tuhan adalah Kasih", tetapi seseorang lupa apa yang Tuhan katakan di dalam Firman-Nya, Alkitab, bahwa Tuhan itu Kudus dan tidak membenarkan dosa apapun!
    6. Menunjukkan saudara dan saudari atas dosa-dosa mereka. Para pemimpin harus melakukan itu dengan penuh kasih dan jika memungkinkan dengan kelembutan, tapi TANPA BELAS KASIHAN. Bagaimanapun mereka juga manusia, dan terkadang merasa terlalu keras dan dingin. Jadi syafaat sangat dibutuhkan agar Roh Kudus meyakinkan, dan memberikan banyak kasih dan wawasan kepada umat paroki.

    Banyak lagi alasan yang perlu diperhatikan. Inilah beberapa alasan perlunya syafaat bagi para pekerja Tuhan.

  3. Syafaat diperlukan juga untuk saudara-saudari kita yang lemah oleh karena mereka dikesampingkan, dan untuk menaklukkan dosa-dosa tertentu (Mabuk, kecanduan merokok dan obat-obatan, kesombongan, hati yang dingin dan kekerasan, kembali ke kehidupan duniawi yang lama, dan sebagainya)

Siapakah Nehemia?

Nehemia adalah juru minuman raja, kita bisa membacanya di ayat terakhir. Ini adalah suatu kehormatan, mengingat seorang Yahudi di pengasingan menjadi juru minuman bagi (musuh) raja. Juga kepercayaan yang luar biasa. Seseorang dalam posisi itu dapat dengan mudah meracuni raja, seseorang yang pada prinsipnya seharusnya membenci dan memusuhi raja karena dia diambil dari negaranya sendiri dan diasingkan ke negara yang tidak dikenal. Pengetahuan Nehemia mungkin sangat luas, karena ada sangat banyak juru minuman di negeri itu dan di kerajaan raja, tetapi Nehemia dipilih untuk menjadi juru minuman raja. Dari sini kita dapat melihat dengan jelas bahwa Nehemia meluangkan waktunya untuk penelitian dan mengamati hal-hal yang menarik minatnya. Hal ini ditunjukkan di Nehemia 2, di mana dia bisa menjelaskan secara rinci keinginannya kepada raja.

Nehemia diberitahu tentang kebutuhan Yerusalem pada bulan Kislew (November dan Desember) dan bulan Nisan (Maret dan April) ia pergi menemui raja dan mengutarakan keinginannya. Jadi setidaknya selama tiga bulan dia mempersiapkan diri. Pertama dia fokus pada kebutuhan di Yerusalem, lalu membuat inventarisasi apa saja yang dibutuhkan, menghitung kemungkinan adanya perlawanan dan serangan musuh (di Israel) dan bagaimana menyampaikan keinginannya kepada raja. Pertama dia menghitung harganya (juga untuk dirinya sendiri), sebelum mengutarakan keinginannya kepada raja
Apakah kita, orang percaya, melakukan persiapan sebaik itu kepada Raja kita, Tuhan Yesus Kristus?
Atau permintaan terlintas begitu saja di benak kita, lalu tanpa pikir ulang dan perhitungan, dan tanpa perencanaan kita meminta kepada Tuhan?
Jika sesuatu (yang besar) hadir di hadapan kita, pertama kita harus ambil waktu sejenak, menghitung biaya, memperkirakan musuh dan membuat perencanaan (atas kemungkinan adanya serangan). Setelah kita sudah (sangat) siap (dengan doa), barulah kita bisa menyampaikannya kepada Tuhan dan meminta izin dan persetujuan-Nya. Kemudian setelah kita dapat menjawab pertanyaan yang Tuhan ajukan kepada kita, maka kita siap. Jika tidak, kita akan menerima jawaban TIDAK yang tak terbantahkan, maka bisa saja kita tidak menghasilkan apapun atau tidak mendapatkan jawaban sama sekali, tidak ada berkah dan pekerjaan kita akan gagal. Ketika Anda mempersiapkan dengan baik, maka Tuhan akan membimbing Anda, dan Anda harus mengikuti bimbingan-Nya, sehingga Anda dapat mengharapkan berkat-Nya atas kerja (rohani) Anda, serta perlindungan Tuhan terhadap kuasa jahat dan Setan, dan perlindungan terhadap orang-orang yang ingin menyakiti Anda, dan Anda akan melihat buah atas hasil kerja keras Anda.

Kembali ke MenuKembali ke atas


Pembangunan, Nehemia 2

Muro de Jerusalem

Apa artinya ini?

Nehemia meminta kepada raja

Nehemia memikirkan bangsanya di Yerusalem dan itu membuatnya sangat sedih. Kesedihan tidak diperbolehkan terlihat di hadapan raja. Oleh karena itu hal ini mendapat perhatian raja dan rajapun bertanya: Mengapa mukamu muram, walaupun engkau tidak sakit? Engkau tentu sedih hati." Nehemia menjadi sangat ketakutan karena ia bersedih di hadapan raja dan itu terlarang. Nehemia berdoa dengan cepat kepada Tuhan. Disinilah ditunjukkan betapa siapnya Nehemia menghadapi masalahnya (setidaknya 3 bulan persiapan, dimulai pada bulan Kislew (Nehemia 1:1 November / Desember hingga bulan Nisan (Nehemia 2:1 Maret / April)), karena dia mampu menjawab pertanyaan raja. Dengan kerendahan hati Nehemia: "Jika raja menganggap baik”. Nehemia melanjutkan rencananya dan argumennya:” utus lah aku ke Yehuda, ke kota pekuburan nenek moyangku, supaya aku membangunnya kembali."

Nehemia telah mempersiapkan dengan baik, karena dia dapat menjawab pertanyaan raja: "Berapa lama Anda akan pergi, dan kapan Anda akan kembali?" Dan Nehemia menetapkan waktu bagi raja. Dan itu bukanlah waktu yang singkat. Nehemia 2 dimulai pada tahun kedua puluh raja Artaxerxes, Nehemia kembali pada tahun ketiga puluh dua Artaxerxes raja Babilonia (Nehemia 13:6). Jadi dia meminta masa absen 12 tahun! DAN Nehemia mendapatkannya!
Nehemia harus mempersiapkannya dengan baik, karena 12 tahun adalah waktu yang lama untuk absen.

Dan Nehemia melanjutkan dengan "Jika raja menganggap baik". Dia menghitung jumlah musuh, dan meminta surat perlindungan dari raja serta izin dari raja untuk membangun tembok di sekitar kota Yerusalem, bahkan uang (bolehkah saya mendapat kayu) raja. Maka musuh-musuhnya tidak dapat menyerangnya dan menuduhnya di raja Babel. Nehemia telah mempersiapkan segalanya dengan baik dan dia sangat jujur, terbuka, dan jelas dalam rencananya terhadap raja Babel. Dia tidak menyembunyikan apapun.

Bagaimana pendekatan kita, orang percaya terhadap sang Raja, Tuhan Yesus Kristus? Apakah kita melakukan pendekatan dengan hormat, mempersiapkan dengan baik, terus terang dan jujur? Apakah pendekatannya bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan sepenuhnya berfokus pada Kerajaan Tuhan? Apakah kita menilai musuh kita dengan baik, meminta perlindungan Tuhan dari kuasa Setan, kekuatan kegelapan dan musuh manusia?
Apakah kita menerima tangan Tuhan yang baik atas kita dan kerja kita, seperti raja memberikan segalanya kepada Nehemia dan tangan baik Tuhan atas Nehemia?

Permintaan Nehemia atas penduduk Yerusalem

  1. Adalah sebuah seruan yang kuat, karena didasarkan pada doa dan panggilan pribadi. Nehemia adalah abdi Allah, tetapi dia tetap manusia.
    Perhatikan fakta bahwa setibanya di Yerusalem, ia membutuhkan istirahat 3 hari (Nehemia 2:11 bandingkan dengan Yohanes 4:6).
    Seruannya lahir dari keyakinan pribadi (Nehemia 2:12-16, lihat juga Galatia 1:16).

    Nehemia harus menyerahkan semua beban. Dia meninggalkan semuanya dan melanjutkannya dengan penelitian mendalam, pergulatan sejati melalui reruntuhan.Nehemia tidak menyukai penelitian yang dangkal, meskipun sangat menyulitkan dan susahnya luar biasa, ia tetap melanjutkan penyelidikannya. Pertama, dia ingin melakukan penelitian mendetail agar dapat memperhitungkan segalanya secara rinci dan menyingkirkan kemungkinan atas hal-hal tak terduga. Apakah Anda melakukannya dengan sangat siap dalam memberitakan Injil dan melakukan pekerjaan Tuhan?

    Perhatikan juga cara kerja Nehemia. Pertama-tama dia pergi (dengan hanya beberapa orang, ayat 12) untuk menyelidiki, tetapi TIDAK memberitahu sesama warganya, para pendeta, bangsawan, pejabat dan lainnya yang akan melakukan pekerjaan itu (ayat 16). Setelah penyelidikan dan penelitian menyeluruh, ketika dia yakin akan kasusnya, Nehemia menginformasikan dalam ayat 16 dan 17, orang Yahudi, pendeta, pejabat dan lainnya.

    SPelajaran rohani:
    Penelitian pribadi sangat penting dan harus dilakukan secara menyeluruh. Tuhan TIDAK menjawab penelitian yang dangkal.
    Pertama-tama perhitungkan segalanya, buat rencana sebelum menyerahkannya kepada para pemimpin dan rekan seiman Anda.

  2. Adalah sebuah seruan yang kuat, karena dia telah menyatukan dirinya dengan hutang rakyat:
    1. Kamu lihat kemalangan yang kita alami.
    2. ayo mari kita bangun kembali.
    3. Supaya kita tidak lagi dicela.

    Pelajaran rohani:
    Ketika merasa putus asa, kita dengan mudah menyalahkan orang lain. Nehemia tidak mengkritik siapa pun.
    Bukankah Nehemia identik dengan sosok Kristus?

  3. Adalah sebuah seruan yang kuat, karena Nehemia menyaksikan tangan Tuhan yang telah baik padanya.

Terkadang seseorang menjadi berkecil hati ketika dia mencoba untuk melibatkan orang lain dalam pekerjaan Tuhan dan mereka menolak. Dalam hal ini, lakukan pengamatan:

  1. Apakah Anda cukup mempersiapkan diri dalam doa?
  2. Apakah Anda melakukan persiapan menyeluruh sebelumnya?
  3. Apakah Anda sendiri berkomitmen pada kasus ini
  4. Apakah itu benar-benar tugas yang diberikan oleh Tuhan?

Reaksi para musuh Tuhan atas tangan Tuhan yang bekerja atas pekerjaan Nehemia:

Di ayat 1 ada dua, di ayat 19 ditambahkan Geshem Arab dan terus berkembang.

  1. Kita tahu, bahwa anugrah Tuhan begitu besar. Di sinilah diperlihatkan. Orang-orang Yerikho, kota yang dikutuk oleh Tuhan, ingin JUGA untuk membangun, Tuhan dalam kasih karunia-Nya ingin menggunakan mereka (Yosua 6:26, 1 Raja-raja 16:34).
  2. Dosa-dosa orang Gibeon (Yosua 9 dan 10), telah diampuni dan mereka JUGA diizinkan untuk membangun di tembok Yerusalem.

Mengapa ada alasan yang begitu tajam dari Nehemia terhadap orang-orang di ayat 10 dan 19?

  1. Sanbalat, orang Horon, adalah penduduk Horoim, tanah Moab (Nehemia 13:1-3; Bilangan 22:1-6).
  2. Tobia adalah orang Amon (Nehemia. 13:1-3).
    Nehemia mengikuti Kitab Suci dengan saksama, setiap orang yang mengikuti Alkitab dengan cermat, mungkin mengharapkan berkat Tuhan atas pekerjaan mereka TETAPI juga keteguhan. Ketika tidak ada keteguhan, Anda mungkin bertanya-tanya apa alas an dari ini semua. Karena Setan tidak suka pekerjaan Tuhan bertumbuh!
    Arahkan fokus Anda pada Tuhan Yesus Kristus. Dalam Nehemia kita membaca, bagaimana dia mengarahkan fokusnya terus menerus pada Tuhan, termasuk ketika musuh bertambah banyak.
  3. Geshem, orang Arab (ayat 19), adalah seorang Edom atau Ismail. Di dalam Alkitab, baik Esau maupun Ismail sama-sama termasuk dalam tipe manusia jasmani. Orang jasmani tidak bisa membangun di Kerajaan Tuhan. Tidak pernah mempekerjakan utusan Tuhan, yang tidak dilahirkan kembali. ITU SALAH !!! Manfaatkan karunia rohani, dan jangan pernah menggunakan karunia jasmani!
    Tetapi kita juga melihat raja yang tidak bertuhan, Nehemia diberi penghargaan masa istirahat untuk memenuhi tugas dan panggilan Tuhan, ya bahkan raja yang tidak bertuhan menyediakan bantuan. Oleh karena itu, seorang yang percaya dapat menerima uang dan materi dari seorang kafir jika Tuhan yang menaruhnya di dalam hati mereka untuk membantu pekerjaan-Nya (ingat Bala Keselamatan, banyak orang kafir memberikan pakaian lama mereka dan memasukkan uang ke dalam kotak Natal). Tetapi pekerjaan itu sendiri, pelayanan (gereja), mewartakan Injil, harus secara eksklusif dilakukan oleh orang Kristen yang terlahir kembali di dalam Tuhan Yesus Kristus!!!

Kembali ke MenuKembali ke atas


Membangun kembali tembok Yerusalem, Nehemia 3

Apakah artinya itu?

10 Gerbang Nehemia

Pertama dalam Nehemia 3 penjelasan diberikan tentang 10 gerbang yang berbeda:

  1.Gerbang Domba\
  2. Gerbang Ikan ||Dibakar dan harus dibakar
  3. Gerbang Lama >Diperbaiki. Untuk perbaikan,
  4.Gerbang Lebak |lihat Nehemia 3.
  5. Gerbang Sampah |
  6. Gerbang Mata Air/
  7. Gerbang Air\
  8. Gerbang Kuda |Terlihat seperti ini
  9. Gerbang Timur >tidak diperbaiki.
10. Gerbang Pendaftaran/

Gerbang Emas11. Nehemia. 8:17 Gerbang Efraim                 Wahyy 21:12 Berbicara tentang 12 gerbang
12. Nehemia 12:39 Gerbang Pengawal

Imam besar Eliashib membangun di pintu gerbang, tetapi tidak memasang palang, pada akhirnya ia bahkan membiarkan musuh masuk (Nehemia 13:4-5, 28).

Pelajaran Rohani:
Kita harus mengunci pekerjaan dan hidup kita, sehingga musuh (ego, perbuatan daging, Setan) tidak dapat menyelinap masuk.

Awalnya, imam besar memberi contoh yang baik karena dia siap bekerja dengan tangannya.

Lingkungan terbaik adalah tempat di mana Anda paling termotivasi, melindungi dan menjaga. Di ayat 10 kita melihat bahwa Harumaf sedang sibuk di seberang rumahnya sendiri. Lihat juga ayat 23, 28 dan 29, mereka juga bekerja di depan rumah mereka sendiri.

Pelajaran:

  1. Pekerjaan terbagi-bagi dan setiap orang menyelesaikan tugasnya. Begitu pula orang beriman harus saling membangun dalam harmoni. Tidak ada perbedaan antara gereja (Katolik Roma, Reformasi, Gereja Baptis, dan sebagainya).
  2. Setiap orang bekerja sama dengan satu sama lain. Dengan begitu, mereka bekerja dengan efektif dan tidak perlu mengesampingkan orang lain.
  3. Setiap orang melakukan apa yang dia bisa. Tuhan menggunakan talenta dari setiap orang percaya. Tuhan ingin agar orang-orang beriman bekerja di tempat yang tepat, di mana Tuhan menempatkan mereka, di waktu di mana Dia menempatkan pada saat itu. BUKAN di tempat di mana kita mungkin akan berada di masa depan. TIDAK, kita harus melayani di tempat di mana Tuhan menetapkan kita. saat ini.
    Wanita juga melakukan pekerjaan Tuhan. Tugas dari Tuhan hanya diperuntukkan bagi pria, karena wanita juga telah menerima tugasnya sendiri! Seringkali wanita mengerjakan tugas yang paling sulit. Bersama mereka ada cinta keibuan!
    Jadi kita bisa melihat bahwa semua orang bersedia, kecuali para bangsawan. Bahkan para pemimpin rela melakukan pekerjaan yang paling rendah, yaitu di gerbang paling bawah: Pintu Gerbang Pembuangan. Gerbang Sampah adalah gerbang di mana kotoran dibawa.
    Pengrajin emas dengan tangan yang bagus bersedia untuk membangun tembok, yang termasuk pekerjaan kasar.
  4. Wilayah kerja dimulai dari keluarga Anda sendiri, lingkungan Anda sendiri.

Tuhan terkadang menguji kesediaan orang percaya!!!/p>

Kembali ke MenuKembali ke atas


Kesusahan dan Serangan, Nehemia 4

Apakah artinya ini?

Taktik dari Setan : 7 serangan

  1. Ejekan, tuduhan dan penghinaan
    Seseorang mengejek Anda ketika Anda memberitakan Injil. Sama adanya bahwa Tuhan juga diejek. Musuh Anda membuat Anda tidak berdaya. Seseorang merendahkan Anda dan mengingatkan Anda pada seberapa kecilnya jumlah orang Kristen dan hasil buruk yang Anda punya. Reaksi Nehemia adalah berdoa. Tuhan akan melakukannya untuk kita, kita tidak perlu maju dengan kekuatan kita sendiri, tetapi dengan kekuatan Tuhan. Nehemia berdoa dan terus bekerja. Dia melanjutkan pekerjaan terlepas dari semua ejekan. Dia menghormati kuasa Tuhan. Pekerjaan yang baik adalah jawaban dari ejekan yang dia terima. Nehemia memberikan contoh yang benar.
    Pengaruh Anda sebagai pemimpin dan teladan (gereja / injil) bisa berdampak sangat besar
  2. Serangan terbuka terhadap pembangun
    Jumlah musuh bertambah banyak. Kita lihat bahwa serangan menjadi lebih terbuka dan kekuatannya meningkat.
    Jawabannya adalah: a. Berdoa
    b. Menempatkan penjaga
    1 Petrus 5:8 a. Bersiap sedia dan berdoa
    b. Waspada
  3. Pembangun menjadi putus asa
    Yudas adalah salah satu pekerja. Jangan berusaha mematahkan semangat orang lain! Yang bisa melumpuhkan orang lain.
    Mempengaruhi orang lain!
  4. Mencoba untukmemberikan kejutan yang tak terduga
    Nehemia menyadari bahwa Tuhan menunjukan kepadanya tentang tindakan kejahatan. Dimanakah ini ditunjukan?
    1. Tuhan menunjukkannya melalui Firman-Nya, Alkitab
    2. Tuhan memberikan pengetahuan dan wawasan untuk melawan Setan.
    3. Nehemia memberikan senjata pada orang-orang. Lihat Efesus 6:10-20.
      Pedang adalah gambar dari Firman, Alkitab. Bekerja sedemikian rupa dalam masyarakat, sehingga selama Anda bekerja Anda tetap sibuk dengan Firman Tuhan.

    Juga ada orang yang hanya berjaga-jaga. Dan orang-orang, yang hanya bekerja dengan kedua tangannya. Misalnya: Satu kelompok tetap tinggal dalam doa yang konstan, sementara kelompok lainnya memberitakan Injil di lampu merah atau di antara para pecandu narkoba.

Ukuran menyangkut yang lemah, Nehemia 5

Apakah artinya itu?

  1. Serangan 5: Kesulitan dari dalam
    Setan menyerang persatuan yang ada dalam sebuah perusahaan. Dia mencoba menabur pertengkaran dan perselisihan.
    Persatuan yang ada dalam suatu tim sering diserang. Ketika persatuan rusak, lingkungan sekitar akan mengetahuinya. Lihatlah semua perkataan jahat di antara orang-orang percaya, dan Roma-Katolik dan Reformasi Gereja Katolik bertentangan satu sama lain (Pikirkan Irlandia Utara: Ulster).
    Persatuan dalam sebuah tim adalah syarat pertama, Filipi. 1:27-28 "Sehati Sejiwa berjuang".
    Jawaban dari serangan Setan adalah: Pertimbangkan semuanya dengan baik DAN pengorbanan pribadi yang besar. Jangan bersekutu dengan musuh.

    Nehemia pergi bekerja. Teliti lagi.
    Pertama dia mendengarkan keluhan orang-orang. Dia menyelidiki mereka dan kemudian, setelah diamempertimbangkan semuanya dengan baik (Ayat 7) dan mempersiapkan kata-katanya dengan baik, Nehemia pergi menemui para penguasa dan pemuka untuk menuduh mereka dan menghadapi mereka dengan fakta. Tapi tidak selamanya begitu. Dia menyerukan pertemuan BESAR untuk membeberkan semuanya.
    Kesaksian Nehemia sangat kuat. Karena itu dia bisa bereaksi dengan tajam. Nehemia menasihati orang-orang. Ia menjadikan dirinya sebagai teladan. Orang-orang pun mengaku bersalah. Manusia berkepala besar yang merusak persatuan. Jadilah teladan satu sama lain.

    Nehemia berhati-hati agar tidak ada seorang pun yang akan mendapati kesalahan apapun pada dirinya. Selama 12 tahun Nehemia tinggal di Yehuda, dia menjaga dirinya sendiri. Dia tidak membebani rakyatnya, baginya sebagai seorang bupati yang ditunjuk oleh raja. Jadi, sebagai bupati yang ditunjuk oleh raja Babel, dia memiliki hak penuh atas tunjangan makan. NAMUN TIDAK, Nehemia, takut akan Tuhan (ayat 9-14).
    Ayat 18 Nehemia membayar sendiri segalanya, dan itu tidak sedikit: per hari, 1 ekor lembu, 6 kambing domba pilihan, unggas juga disiapkan, dan sepuluh hari anggur yang berlimpah ruah. Dia tidak memberi sedikit, kami membaca "Pilihan", jadi yang terbaik dari yang terbaik. Dan itu juga tidak melibatkan sedikit jumlah pemberian makan oleh Nehemia, di ayat 17 kita membaca " Duduk pada mejaku orang-orang Yahudi dan para penguasa, seratus lima puluh orang, selain mereka yang datang kepada kami dari bangsa-bangsa sekeliling kami".

    Jika orang percaya mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, maka dia tidak boleh hidup dari uang saudara-saudarinya di dalam Tuhan. Kita harus melindungi diri kita sendiri dari fitnah musuh dan menjadi pelayan yang baik bagi Tuhan.

Kembali ke MenuKembali ke atas


Penyelesaian Tembok, Nehemia 6:1-14

Apakah artinya ini?

  1. Serangan kompromi
    Dataran Ono terkenal sebagai resor. Dataran Ono terletak di dataran pantai. Yang bukan milik provinsi Asdod atau Samaria, tetapi berada di tengah-tengahnya. Musuh memilih tempat netral untuk bercakap-cakap dengan Nehemia.
    Tetapi Nehemia melihat serangan melalui rayuan ini: " Mari, kita mengadakan pertemuan bersama" yang berarti membawa pergi pemimpin dimana pekerjaan akan terhenti. Jawabannya adalah: " Untuk apa pekerjaan ini terhenti oleh sebab aku meninggalkannya dan pergi kepada kamu!" Saya memiliki pekerjaan besar yang harus dilakukan. Pekerjaan yang tidak bisa dibiarkan berhenti.
    Dalam pekerjaan penginjilan, ada banyak pertanyaan-pertanyaan: Apakah ini pekerjaan yang sangat besar, apakah itu benar-benar berarti bagi Tuhan Yesus Kristus?
  2. Ini dipertanyakan, ketika rumor jahat menyebar mengenai Anda, dan terlebih lagi ketika rumor jahat itu dikonfirmasi.Nehemia adalah orang yang memiliki otoritas. Jadi tidak mengherankan jika musuh menyebarkan rumor jahat. Namun Nehemia meladeni mereka dengan jawaban: " Hal seperti yang kausebut itu tidak pernah ada. Itu isapan jempolmu belaka!".
    Hamba Tuhan harus mengenal dirinya sendiri karena dia sepenuhnya bertanggung jawab kepada Tuhan. Berhati-hatilah untuk tidak terlibat dalam rumor palsu. Bawa mereka kepada Tuhan dan berdoa untuk nasihat-Nya tentang bagaimana bertindak. Selidiki Firman Tuhan dan persenjatai diri Anda dengan Firman-Nya. Ambil pelajaran dari jawaban Nehemia.
  3. Semua ini berusaha menakut-nakuti kita.
    TSerangan setan adalah untuk membuat kita takut!
    Mengenai Nehemia bahkan dengan sekuat tenaga ingin membunuhnya. Tetapi jawaban Nehemia tegas. Pada serangan ini bahkan ada pembicaraan tentang nubuatan, apakah itu datang dari Tuhan sendiri. Mereka bahkan mengundang Nehemia untuk datang ke Bait suci, rumah Tuhan (Tapi pintu masuk ke bait suci HANYA untuk para imam, dan Nehemia bukanlah seorang imam).
    Saat ini ada banyak nubuatan palsu. Kita hanya dapat membedakan ketika kita hidup sangat dekat dengan Tuhan dan dalam Terang-Nya, dan dapat melihat sumber nubuatan.
    Penting adanya :
    1. Untuk tinggal dekat dengan Tuhan Yesus Kristus
    2. Untuk tetap berjalan dalam Cahaya dari Tuhan Yesus Kristus
    3. Berdoa agar dijauhkan dari roh-roh (Berkedokan Yoga, T.M, Akupuntur, sekte, yang berada di bawah kuasa dan pengaruh kegelapan dan).
    Seseorang berdosa terhadap Tuhan ketika dia melarikan diri, sementara Tuhan ingin, agar Anda berdiri teguh. Setan mencoba untuk menumpuk penghinaan atas Anda (jika Anda akan melarikan diri).

    Perhatikan taktik Setan:
    " Biarlah kita bertemu di rumah Allah, di dalam Bait Suci, dan mengunci pintu-pintunya"
    Menurut Anda, apa salahnya memasuki rumah Allah, bait suci? SEMUANYA! Nehemia adalah seorang Yahudi biasa, dia BUKAN dari imamat kerajaan. HANYA imam yang diizinkan masuk ke bait suci. Setiap orang Yahudi yang bukan anggota imamat, adalah berdosa saat memasuki bait suci dan murka Tuhan (yang mematikan) akan menimpanya. Di sini musuh mencoba dengan licik, menyajikannya dengan cara yang indah, mari kita pergi ke rumah Tuhan, sehingga Nehemia bertemu dengan murka Tuhan dan akan dibunuh. Nehemia sangat menyadari hal tersebut, dan dia menjawab dalam ayat 11: " Orang manakah seperti aku ini dapat memasuki Bait Suci dan tinggal hidup?"
    Belajarlah darinya. Waspadai kelicikan musuh Anda dan Setan. Kadang-kadang disajikan dengan cara religius (ingat yoga (dengan alkitab di ruang tunggu), spiritualisme, meditasi, penyembahan Maria, kadang-kadang bahkan dipromosikan oleh gereja), sementara di mata Tuhan itu adalah kekejian dan tidak ada hubungannya dengan Tuhan, tapi sebaliknya. Sehingga Tuhan berpaling dari orang percaya. Oleh karena itu selidikilah latar belakang dan motifnya !!!

Kembali ke MenuKembali ke atas


Tujuh pelajaran penting untuk kehidupan rohani, Nehemia 6:15-19

Apakah artinya ini?

  1. Banyak orang percaya yang suka hidup secara duniawa, atau di perbatasan. Mereka suka melompat ke hal-hal yang besifat duniawi. Secara lahiriah mereka berbakti. Setiap hari Minggu, mereka pergi ke gereja, dan selama hari kerja tetap menjalani kehidupan duniawi dan tidak ada yang bisa melihat perbedaan mereka jika dibandingkan dengan orang-orang tidak percaya. dilubuk hati terdalam sebenarnya mereka mencintai dunia 1 Yohanes 2:15-17.
    Musuh mengetahui hal tersebut dan bahwa pekerjaan tersebut adalah milik Tuhan. Hal tersebut membuat musuh menjadi sangat tertekan. Bagaimana mungkin pekerjaan itu selesai dalam 52 hari? Alasannya: mereka telah bersatu dan bekerja sama dalam kesatuan. ITU ADALAH PEKERJAAN TUHAN !!!
    Di dalam tembok yang telah dibangun kembali, bahkan ada di antara para penguasa yang merasa kasihan pada Tobia. Sikap Nehemia terhadap Tobia, musuh umat Allah dan pekerjaannya (Nehemia 2:19) dilupakan.

Menjaga tembok-tembok, Nehemia 7:1-4

Apakah artinya ini?

Nehemia memasang gerbang dan semakin mengisolasi dunia. Orang Kristen yang percaya tidak bisa berkompromi, 2 Kor. 6:14 " Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?", Tetapi harus menghukum dirinya sendiri. Nehemia 6:18 jangan mengenakan kuk yang tidak seimbang. Dilarang bekerja dengan orang tidak percaya dalam memberitakan Injil atau menikah dengan orang tidak percaya!

  1. Pintu-pintu dipasang dan tersedia jalan masuk ke Yerusalem, tetapi tidak untuk semua orang
    Pintu berbicara tentang jalan masuk dan kesatuan Yohanes 10:1-3, 9.

    Pesan injili tidak akan pernah lengkap jika tidak ada undangan untuk menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat Anda dari dosa-dosa Anda. Biarkan Roh Kudus membimbing Anda dengan undangan tersebut.

    Wahyu 21:27 dan 22:15 Pintu juga berbicara tentang fakta bahwa orang-orang tertentu TIDAK diizinkan masuk. Cocok bagi orang-orang yang menyimpan dosa-dosanya dan tidak membiarkannya pergi. Pintu (bagi orang Kristen yang percaya: kesatuan dengan Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus) tetap tertutup ketika orang percaya tidak mengaku dosa mereka.

  2. Yesaya 62:6-7 Yesaya 62:6-7 Ada penjaga gerbang, karena bahaya terus berlanjut.Penjaga gerbang terus berdoa kepada Tuhan siang dan malam, agar Tuhan membangun kembali Yerusalem untuk kemuliaan dan kehormatan Tuhan sendiri. Ayat 7 ”dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang.”
    Penjaga gerbang ditunjuk kepada setiap orang untuk berjaga di depan rumahnya sendiri. Dimana seseorang paling termotivasi untuk melindungi dan memperjuangkan rumah tangga dan keluarganya sendiri. Orang percaya paling termotivasi untuk berdoa bagi orang-orang tidak percaya di rumah dan keluarga mereka sendiri, tetangga dan lingkungan mereka dan untuk memberitakan Injil agar mereka tidak ditelan oleh setan dan berakhir di lautan api. Orang percaya harus berperang melawan Setan dan kuasa kegelapan agar rumah tangga dan keluarga dan tetangganya yang tidak percaya bisa melepaskan diri dari Setan dan kuasa kegelapan dan tidak berakhir ke dalam lautan api, namun menerima pengampunan dosa melalui iman dalam Tuhan Yesus Kristus dengan demikian mewarisi kehidupan yang kekal di Surga.

    Kita harus berdoa terus menerus, sampai Tuhan mendengar doa kita dan Dia dipuji dan dimuliakan dan diterima oleh orang tidak percaya.

    Yehezkiel 3:16-21 dan 33:1-11 Tuhan telah menunjuk orang-orang Kristen yang percaya untuk menjadi penjaga dan mewajibkan mereka untuk memberitakan kabar baik tentang keselamatan, melalui darah Yesus Kristus bagi manusia yang hidup dalam dosa.

    Jika Anda tidak memberitakan Injil kepada orang tidak percaya, maka Anda akan dianggap bertanggung jawab atas kehilangan mereka selamanya dan Anda akan merugikan diri Anda sendiri 1 Korintus 3:11-17.

  3. Penyanyi ditunjuk
    Lagu adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan Kristen, karena seringkali itu adalah sarana untuk menjangkau orang yang tidak percaya yang menjadi diselamatkan!

    Dalam Perjanjian Baru, orang Kristen diminta untuk menyanyikan lagu-lagu rohani, Efesus 5:19.

    Kol 3:16 Itu terjadi ketika Firman Tuhan hidup berkelimpahan di dalam Anda. 1 Kor. 14:15 Lagu harus dinyanyikan dengan sepenuh hati dan jiwa. Oleh karena itu, mempelajari lagu-lagu baru adalah hal yang baik. Terkadang arti sebuah lagu itu menyenangkan, karena hal tersebut membuat orang merenungkan makna. Ibrani 2:12 Lagu adalah hal yang penting.

  4. Orang Lewi diangkat
    Pelayanan bait suci harus dilanjutkan. Layanan penghormatan harus dilakukan secara teratur. Meskipun beberapa memiliki karunia khusus (Efesus 4:11), semua orang Kristen yang percaya dalam Perjanjian Baru dipanggil ke dalam imamat: 1 Kor. 14:40; Ibrani 10:25 dan 13:17 dan 1 Petrus 2:5, 9.
  5. Hanani dan Hananya diangkat sebagai pengawas Yerusalem
    Pekerjaan itu akan menjadi terlalu berat untuk satu orang. Hanani, seorang saudara dalam daging, tetapi juga orang yang tampaknya memiliki hati terhadap penduduk Yerusalem.
    Hananya:
    1. Panglima Benteng.
    2. Pria yang bisa diandalkan.
    3. Takut akan Tuhan melebihi banyak orang.

    Itu adalah kualitas karakteristik yang tidak bisa tidak ada bagi para hamba Tuhan. Bisa diandalkan adalah persyaratan penting saat melayani Tuhan.

  6. Kota itu luas dan besar, tetapi penduduknya sedikit
    Nehemia telah membangun kota dengan iman.
    Mengapa orang-orang tidak ingin untuk tinggal di Yerusalem?
    1. Karena dibutuhkan jalan yang bagus.
    2. Karena kebencian dari musuh yang sebenarnya adalah tetangga.
    3. Hidup di pedesaan memberi banyak keuntungan materi.

    Kota itu luas dan besar, tetapi penduduknya sedikit, dan tidak ada rumah yang dibangun. Disini kita dapat melihat ke depan kepada Tuhan Yesus Kristus, Yang berkata dalam Yohanes 14:2-3: " Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ".
    Ketika kita membandingkan kota dengan Surga, maka kota itu adalah Surga, yang luas dan besar, tetapi juga pada zaman Tuhan Yesus Kristus jumlah penduduknya sedikit (sedikit orang Kristen), dan tidak ada rumah yang dibangun di kota, di Surga. Karena Tuhan Yesus Kristus naik ke Surga untuk membangun tempat di Surga bagi orang-orang Kristen.

  7. Ayat 69 sampai 71 menjelaskan kepada kita tentang kontribusi yang sangat besar dari orang-orang yang mengabdikan diri untuk pekerjaan Tuhan. Jadi orang percaya Kristen harus memberikan kontribusi yang melimpah untuk pekerjaan Tuhan. Dan setiap orang sesuai dengan kapasitasnya.

Nehemia 7:64-65

Apakah artinya ini?

Hanya mereka yang dapat bersaksi bahwa mereka termasuk dalam generasi imamat yang memiliki pintu masuk ke bait suci dan dapat memakan makanan yang paling suci. Begitu juga bagi orang-orang Kristen yang percaya, HANYA bila mereka telah menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat mereka bagi dosa-dosa mereka, HANYA dengan demikian mereka mendapatkan akses ke Surga dan tertulis di dalam Kitab Kehidupan (Wahyu 3:5; 21:27). Hanya orang-orang itu sendiri yang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat yang tahu bahwa nama mereka tertulis di dalam Kitab Kehidupan.
Ketika seseorang mengatakan telah melakukan pengakuan dosa atau menjadi anggota gereja dan tidak secara terbuka mengakui Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan. Dan sebagai Yang Esa, Yang mati karena dosa mereka, maka kita boleh bertanya-tanya dan ragu apakah nama mereka tertulis di dalam Kitab Kehidupan. Itu akan terungkap ketika kitab (Urim dan Tumim) Kehidupan dibuka dan imam (Imam Besar, Tuhan Yesus Kristus) akan mengucapkan.

Kembali ke MenuKembali ke atas


Tantangan: Membaca Alkitab, Berdoa, dan,Pengabdian Nehemia 8

Membaca Alkitab, Berdoa, dan,Pengabdian

Apakah artinya ini?

Mendengarkan dengan seksama tentang Kitab HukumPelajaran mengenai tantangan rohani:

  1. Seluruh rakyat datang menjadi satu dan bersama-sama di Gerbang Air. Tembok itu dibangun kembali, pintunya dipasang dan penjaganya ditetapkan, tetapi rakyat itu menginginkan lebih.
    Apakah kita puas hanya dengan karya dan materi, atau apakah kita menginginkan berkah rohani?
  2. Seseorang meminta Ezra untuk membawa kitab hukum.
    Tantangan yang sesungguhnya pertama-tama tidak pada Ezra atau Nehemia atau seorang umat, tetapi pada Firman Tuhan, Alkitab.
    Seluruh rakyat mendengarkan dengan seksama kitab hukum Taurat. Minat akan Firman Tuhan sangatlah besar.
    Saat itu bahasa Aram adalah bahasa perantara yang mengandung kosa kata yang sulit. Oleh karena itu, orang Lewi bergabung dengan orang banyak untuk menjelaskan kata-kata yang sulit.
    Seseorang membutuhkan pelayan yang bersedia melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk memberitakan Injil dengan kata-kata sederhana, sebagai pengganti khotbah dari mimbar. Ezra dibantu oleh orang Lewi, yang berbaur dengan orang banyak danm ereka memenuhi tugas penting.

    Tantangan nyata tidak datang dari perasaan atau emosi, tetapi melalui pemahaman akan Firman Tuhan. Melalui Roh Kuduslah yang menjelaskan firman Tuhan

  3. Tanggapan orang-orang adalah:
    1. Orang-orang menanggapi pembacaan Kitab Taurat. Bandingkan dengan Raja-raja 18:21.
    2. Perhatikan sikap rakyat. Berlutut menyembah. Lihat juga 2 Tawarikh 7:14: Di mana yang disertai dengan sikap egois mereka yang tidak ingin tunduk, dan tidak menerima berkat.

      Pembaruan terjadi, di mana orang-orang dalam roh berserah dan menjadi orang berdosa di mata Tuhan, dan ingin mengaku dosa!

    3. Bangsa-bangsa menangis. Janganlah takut dengan emosi dan perasaan. Tuhan berbicara ke hati mereka dan juga perasaan mereka.
      Menangis setelah pertobatan diperbolehkan, selama itu tidak berlanjut. Karena sukacita ada di dalam Tuhan yaitu Dia adalah tempat berteduh.
  4. Perhatikan hasil dari pembaruan rohani ini:
    1. Mengirimkan sebagian kepada mereka yang belum dipersiapkan.
      Pembaruan sejati tidak mementingkan diri sendiri, tetapi seseorang berbagi kepada semuanya. Berbagi adalah suatu sukacita di dalam Tuhan, jadi memberitakan Injil membawa sukacita!
      Salah satu hal Kristiani adalah pada saat dia menabur dan menyebar, hal tersebut tidaklah mengosongkan orang Kristen tersebut, tetapi justru hal itu membuat hati mereka lebih kaya dan lebih bersukacita!
    2. Hal tersebut membawa sukacita yang besar: jangan bersedih hati, ada saat menangis dan ada waktu untuk masuk ke dalam pesta Tuhan dan bersukacita.
    3. Hal tersebut membawa ketaatan baru setelah membaca hukum.
      Pesta bulan ketujuh (Pesta gerai) diabaikan selama 1000 tahun. Mengenai waktu tersebut telah tertulis di kitab hukum, tapi tidak ada yang menemukannya. Bahkan di zaman Daud dan Salomon hal tersebut belum dirayakan. Penemuan mengenai ajaran dan komisi yang terabaikan ini berjalan seiring dengan pembaruan yang nyata.
      Ketaatan yang jujur kepada Firman Tuhan dan komisi yang sejalan dengan sukacita yang besar.

      Tak seorang pun akan dapat membela ketidaktahuan mereka di hadapan Bapa Surgawi, karena mereka telah dan mampu membaca Firman Tuhan, yaitu Alkitab, dan mendapat wawasan Roh Kudus ketika mereka berdoa.
      Seseorang dapat menghadiri studi Alkitab, membaca komentar Alkitab untuk mendapatkan lebih banyak wawasan mengenai Alkitab dan memiliki pemahaman yang lebih baik. Seseorang dapat meminta bantuan sesama orang Kristen.

      Umatku, kata Tuhan, dihancurkan karena kurangnya pengetahuan (Hosea 4:6).

      Setan sangat tidak menyukai nasihat Alkitab, pengajaran dan ketaatan pada Alkitab.

Membaca Alkitab, Berdoa dan Pengabdian.

Setelah rakyat merayakan Sabda Tuhan selama tujuh hari, suatu pertemuan meriah pun terjadi.
Terlalu sedikit perayaan sukacita di dalam jemaah Tuhan Yesus Kristus. Pembaruan juga ketika Firman Tuhan mulai bekerja di dalam Gereja Kristus, sehingga anggota Jemaah dikoreksi dan menjadi taat.

Kembali ke MenuKembali ke atas


Hari pertobatan dan berdoa, Nehemia 9

Apakah artinya itu?

Nehemia 9 mengatakan kepada kita bahwa bangsa itu mengadakan ibadat sejati dan pengabdian baru kepada Tuhan. Seperempat hari, mereka membaca Firman Tuhan. Seperempat hari lainnya mereka habiskan untuk mengaku dosa.
Nehemia 9 berisi doa terpanjang di seluruh Alkitab.
Menarik untuk membandingkan Nehemia 9 dengan Ezra 9 dan Daniel 9.

  1. Sebelum pertemuan doa dimulai, dosa-dosa diakui dan diselesaikan. Pemisahan orang asing telah selesai.
  2. Orang-orang Lewi berdiri di atas panggung kayu dan melanjutkan doa:
    1. Berdoa untuk para pembicara di konferensi.
    2.Berdoa untuk pengumuman, subjek dalam kebaktian.
  3. Doa dimulai dengan penyembahan yang benar. Orang-orang berlutut (hati mereka tunduk) kepada Tuhan. Semua orang yang berpartisipasi dalam doa.
    Berdiri, memuji Tuhan. Menyatukan orang-orang dalam doa
  4. Penekanan dalam doa harus menunjukkan belas kasihan dan keadilan Tuhan, yang diungkapkan dalam sejarah anak-anak Israel. Perhatikan kata-kata:"Hanya Engkau ......"

Pertemuan para Pendoa:

Bagian 1: Pengakuan: Setiap orang mengakui dosa-dosanya dalam berdiam.

Bagian ke-2: Setiap orang berdoa dengan tenang untuk beban doa mereka sendiri.

Bagian ke-3: Sekarang doa diucapkan dengan keras dan terbuka dalam pertemuan doa.

Tuhan membimbing bangsa-Nya keluar dari Mesir dan menuntun mereka di gurun pada siang hari dengan tiang awan dan pada malam hari dengan tiang api untuk menerangi. Orang percaya di dunia gelap dibimbing oleh Tuhan Yesus Kristus, dan jika orang percaya mengizinkan-Nya, dia akan dibimbing oleh Roh Kudus yang berdiam di mana Tuhan ingin dia berada di dalam Tubuh Kristus. Bangsa Israel memiliki pilihan bebas untuk meminta mereka dibimbing oleh Tuhan dan menuju ke Tanah Perjanjian Israel. Begitu juga orang percaya memiliki pilihan bebas untuk berserah diri pada pekerjaan Roh Kudus di dalam diri mereka sendiri atau bekerja melalui buah-buah Roh (Galatia 5:22Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri)) dan agar mereka dibawa ke tempat di mana Tuhan ingin mereka berada.

Tetapi kepala dari bangsa Israel mulai berperilaku buruk dan menegakkan leher mereka dan mereka tidak mendengarkan perintah. Kemudian Tuhan memberi mereka perbudakan. Begitu pula dengan orang percaya. Orang percaya harus menaati perintah Tuhan dan membiarkan dirinya dibimbing oleh Roh Kudus. Jika orang percaya gagal melakukannya, maka mereka membuat sedih Roh Kudus (Efesus 4:30) dan akhirnya memadamkan Roh Kudus. Dengan demikian Roh Kudus tidak dapat lagi menanggung dosa dan orang percaya berada di bawah pengaruh kuasa jahat dan Setan dan Tuhan menyerahkan mereka kepada kehidupan duniawi dengan segala penderitaan, rasa sakit dan kesedihannya.
Jika orang percaya menunjukkan pertobatan dan penyesalan, maka mereka dapat kembali seperti anak yang hilang kepada Bapa dan mereka harus menerima pekerjaan Roh Kudus lagi.

Empat puluh tahun lamanya, Tuhan menyediakan makanan dan air bagi bangsanya di padang pasir. Jadi orang percaya, yang bekerja untuk Tuhan pada posisi yang ditentukan Tuhan, dapat yakin bahwa Tuhan akan menyediakan kebutuhan mereka (Matius 6:25-34).

Kembali ke MenuKembali ke atas


Janji untuk memelihara Hukum Taurat, Nehemia 10

Apakah artinya itu?

Pembacaan Kitab Hukum membawa pengabdian yang praktis yang baru.

Nehemia 10 memberikan gambaran tentang perintah-perintah. Mereka menempatkan meterai mereka (di bawah semua komitmen tentang kewajiban) dari Nehemia termasuk semua orang, yang memiliki tahun-tahun yang berbeda.
Itu BUKAN liga lisan. Liga mereka adalah komitmen yang kuat, yang mereka lakukan secara tertulis. Mereka mewajibkan diri mereka sendiri:

  1. Berjalan sesuai dengan Hukum Tuhan.
  2. Untuk memisahkan diri dari bangsa-bangsa di negara tersebut.
  3. Untuk menghormati dan memelihara Sabat sebagai Hari Suci.
  4. Setiap tahun ketujuh, untuk membiarkan tanah kosong, lihat Imamat 25.
  5. Untuk memberikan korban dan memelihara mata pencaharian orang Lewi dan Rumah Tuhan (membayar persepuluhan)

Bagi gereja Tuhan Yesus Kristus ini berarti, bahwa orang-orang percaya berkomitmen (bersatu) untuk menyediakan kebutuhan ekonomi para pekerja Tuhan termasuk keuangan untuk pekerjaan itu.

Kembali ke MenuKembali ke atas


Nehemia seseorang yang memiliki gambar tentang Tuhan Yesus Kristus dan pelajaran kepada orang percaya, Nehemia 11

Apakah artinya ini?

Nehemia 11 dan 12 memberikan daftar kehormatan dan daftar silsilah dari penduduk Yerusalem, Yehuda, para imam dan orang Lewi.

Para Relawan :Terlepas dari berkat yang diperbarui, yang telah Tuhan berikan kepada Yerusalem, hanya sedikit yang ingin tinggal di dalam kota Tuhan
Mengapa Tidak
  1. Hidup di Yerusalem berarti hidup dengan sungguh-sungguh sebagai seorang Kristen. Yerusalem adalah kota suci. Di kota suci seseorang tidak bisa hidup berdosa. Artinya ada banyak hukum yang harus ditaati.
Spiritual:

Jika seseorang menyatakan bahwa mereka telah menjadi bagian dari gereja Tuhan Yesus Kristus, hal tersebut membutuhkan cara hidup yang telaten dan kudus!

  1. Yerusalem dibenci oleh tetangganya. Lebih mudah untuk tinggal di salah satu kota tetangga.
Spiritual

Orang percaya, yang berkomitmen untuk melayani Tuhan Yesus Kristus, bisa mendapatkan kebencian dunia dan serangan dari kuasa kegelapan dan Setan, yang dapat berarti pertempuran besar Yohanes 15:18-20 dan Ibrani 12:1-3.

  1. Lebih menyenangkan tinggal di luar Yerusalem jika menyukai hal-hal materi. Di dalam kota seseorang hanya memiliki sedikit keuntungan materi, tetapi kehidupan rohani yang kaya.
    Matius 6:33: "Carilah dahulu kerajaan Allah".
    Seringkali dalam situasi darurat seseorang harus bergantung pada sukarelawan: Hakim-Hakim 5:2.
    Banyak sukarelawan dari suku Benyamin dan Yehuda yang tinggal di Yerusalem.
    Para pendeta memandu pekerjaan di dalam gerbang bait suci.
    Orang Lewi mengurus rumah Tuhan di luar. Masing-masing relawan memiliki tugas masing-masing.
Spiritual

Imam (setiap orang percaya) memiliki tugas di dalam Tubuh Kristus. Satu di dalam gereja. Yang lain di luar gereja, misalnya memberitakan Injil. Warung kopi. Saat ini tidak mudah untuk bekerja sebagai orang percaya di dalam gereja (liberal). Tetap saja seseorang sebagai orang Kristen yang percaya harus tetap berada pada posisi yang ditentukan Tuhan.

Tengkorak
1 Korintus. 12:12, 14-15, 18-22: Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. .... Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?.... Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh? Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.
Mata tidak dapat berkata kepada tangan, "Aku tidak membutuhkanmu," atau lagi kepala kepada kaki. Sebaliknya, bagian tubuh yang tampaknya lebih lemah sangat diperlukan ... Setiap orang harus melayani dalam posisi tersebut ditugaskan oleh Tuhan Yesus Kristus, karena jika orang itu tidak sesuai dengan keputusannya, mereka mengganggu lingkungan sekitarnya. Jika otot lengan kanan atas bergerak sendiri ke kaki kanan atas, maka seluruh lengan atas dan bawah lumpuh. Kemudian kaki kanan atas memiliki dua otot, yang terlalu kuat untuk menarik kaki dan Anda mengalami konflik dan akan melumpuhkan.
Jika tulang jari di tangan kiri menggantikan jari-jari kiri, maka jari-jarinya terlalu lemah untuk membawa beban dan tidak lagi melakukan tugasnya. Setiap orang mendapat talenta (pemberian) dari Tuhan sesuai dengan kemampuannya. Kita harus melayani pada posisi di mana Tuhan menempatkan kita sebagai Tubuh Kristus. jika tidak, Tuhan tidak dapat memberkati pekerjaan kita dan Tubuh tidak akan berfungsi dengan baik, dan orang-orang tidak percaya akan gagal menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat mereka.

Kembali ke MenuKembali ke atas


Peresmian Yerusalem, Nehemia 12

Apakah artinya ini?

Penyucian tembok-tembok Yerusalem

Bagian pertama dari Nehemia 12 memberikan daftar tentang mereka yang kembali dari Babel. Tuhan membiarkan orang Yahudi yang benar memasukkan nama mereka ke dalam ingatan mereka (Ezra 2:12 dan 3:2). Orang-orang yang setia TIDAK dilupakan oleh Tuhan:

  1. Pengudusan tembok memiliki karakter mengenai pesta untuk menghormati Tuhan (Mazmur 120). Dari jauh dan dekat, orang Lewi dan para penyanyi datang untuk menghadiri pesta itu.
  2. Buatlah catatan tentang pentahiran diri, yang dijelaskan di ayat 30. Kita datang sebagai orang berdosa untuk menerima Juruselamat kita. Namun, mereka yang menjalani kehidupan suci, juga dapat menyerahkan nyawanya ke dalam tangan Tuhan.
    Tidak hanya para pendeta dan orang Lewi yang menyucikan diri mereka sendiri, namun SELURUH bangsa dan setelah itu kota harus disucikan dengan cara melewati tembok-tembok di sekeliling Yerusalem.
    Semua orang percaya HARUS MENYUCIKAN diri mereka sendiri, sebelum mereka dapat mendekati Tuhan dalam doa. Pertama-tama mengaku dosa mereka. Tapi kemudian tempat ruang dan bangunan tempat ibadah Tuhan (gedung gereja, kedai kopi, ruang evangelisasi, tenda) diadakan, harus disucikan, sebelum memulai kebaktian. Itu juga bisa berarti rumah Anda sendiri. Tidak ada berhala, seperti gambar Buddha, gambar Maria, gambar Salib, topeng, horoskop, dan sebagainya.
    Setelah penyucian diikuti dengan lagu paduan suara di bawah bimbingan Ezra dan Nehemia.
  3. Seseorang membawa banyak pengorbanan hari itu. Di ayat 43 kita membaca sampai lima kali tentang sukacita yang besar. Mazmur 126:2 "Maka mulut kami penuh dengan tawa, dan lidah kami bersorak-sorai".
    Kemudian orang-orang tidak percaya (orang-orang kafir) harus mengakui: Tuhan telah melakukan hal-hal besar terhadap mereka. Orang-orang tidak percaya harus menyadari ketika mereka melihat bahwa orang percaya telah meninggalkan cara hidup lama (tidak lagi merokok, tidak minum lagi, tetapi mencintai, peduli, melakukan buah-buah Roh Kudus), ini adalah pekerjaan Tuhan di dalam orang percaya.

Nehemia: Yang memiliki sosok Tuhan Yesus Kristus

  1. Nehemia 1: Dalam doa-doanya
  2. Nehemia 2: Dalam pencarian pada yang terhilang
  3. Nehemia 3: Dalam pekerjaannya
  4. Nehemia 4: Dalam pertarungannya melawan setan
  5. Nehemia 5: Dalam cara hidupnya yang tidak bercacat
  6. Nehemia 6: Dia tidak berkompromi dengan musuh (dan setan)
  7. Nehemia 7: Dalam seluruh pekerjaannya
  8. Nehemia 8: Dalam persembahan dan ketaatannya akan Kehendak Tuhan
  9. Nehemia 9 dan 10: Dalam iman dan ketaatan
  10. Nehemia 11 dan 12: Dalam kesukarelaannya
  11. Nehemia 13: Dalam pekerjaannya dan tindakannya

Kembali ke MenuKembali ke atas


Semangat Nehemia terhadap Hukum, Nehemia 13

Apakah artinya ini?

Tobia, sang musuh, seorang Amon adalah tamu kehormatan di bait suci

  1. Tobia masih belum berubah sedikit pun. Permusuhan nenek moyangnya terus hidup dalam dirinya. Lihat Yohanes 3:6 dan Roma 8:7.
    TTobia adalah saudara sedarah dari imam Eliashib. Itu belum berarti bahwa dia adalah kerabat rohani!
  2. Tobia diterima, karena dia humoris dan periang. Faktor alam terkadang memainkan peran yang lebih penting daripada faktor spiritual (bagi manusia).
    Tetapi apa yang diminta Tuhan? Tuhan meminta yang spiritual!
  3. Pada hari penyucian tembok, mereka telah membaca Ulangan 23. Kemudian, mereka telah melupakannya.

Reaksi dari Nehemia:

  1. Nehemia mengingat Tuhan Yesus, Yang menyucikan dan menyapu bait suci.
  2. Nehemia TIDAK berkompromi. Juga dengan Tobia, atau dengan Sanbalat. Dia membuat pemisahan yang sangat hati-hati dari musuh. Di balik tindakannya ada orang juga yang membantunya.

Ketidakadilan terjadi pada orang Lewi:

  1. Semua sudah diurus di masa lalu, bahkan sudah dituliskan dan janji yang indah telah dibuat.
    Tapi bangsa tersebut telah gagal untuk menepati janji ini. Ulangan 12:19 memerintahkan bangsa untuk mendukung orang Lewi. Begitu juga orang percaya harus mendukung gereja, misionaris dan penginjil. Tidak hanya pada awalnya, ketika seseorang baru saja menerima Yesus Kristus, TIDAK, seseorang harus menepati janji yang telah mereka buat.
    Dalam ayat 10 kita melihat, bahwa bangsa itu tidak memenuhi kewajiban dan janji mereka, dan tidak lagi mendukung orang Lewi.
  2. Mengapa Rumah Tuhan (bait suci) ditinggalkan dan diberikan kepada takdir?
    Orang Lewi dan para penyanyi telah kembali ke ladang mereka. Apakah itu artinya kurangnya kepercayaan dari pihak mereka? Ya juga. Adalah Tuhan, Yang menjaga hamba-Nya dengan sepenuh waktu dan bukanlah bangsa. Sebagai pekerja Tuhan, seseorang harus memandang kepada Tuhan, BUKAN kepada manusia. Tapi bangsa ini juga bersalah, mereka tidak menepati janji dan komitmen mereka. Orang-orang percaya harus memberikan persepuluhan mereka untuk memungkinkan pelayanan kepada Tuhan.
  3. Apakah kurangnya pengawasan yang menyebabkan hilangnya dukungan untuk orang Lewi?
    Iya, betul. Nehemia mengambil tindakannya.

Tindakan Nehemia

  1. Dia berbicara dengan para pemimpin. Dengan memberikan bimbingan adalah suatu tanggung jawab yang besar. Para pemimpin dan pendeta gereja memiliki tanggung jawab dan kepedulian yang besar terhadap jemaah dan penginjil. Mereka harus membimbing orang percaya dalam tugas dan komitmen mereka. Dan mendukung mereka.
  2. Nehemia mengumpulkan mereka dan mengirim mereka keluar.
  3. Nehemia menugaskan orang-orang untuk menjaga ruang penyimpanan.
  4. Nehemia sangat kesal dan membuang semua perabotan Tobia dari pelataran bait suci..

    Orang percaya harus menghancurkan secara radikal kehidupannya yang berdosa dan membuang semua kejahatan (Galatia 5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya) dan sebagai gantinya melakukan pekerjaan (buah) Roh Kudus (Galatia 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.).

Sabat tidak dihormati

  1. Perintah Allah tentang hari Sabat telah dilupakan (Keluaran 34:21; Ulangan 5:14 dan Yeremia 17:21). Apakah kita lupa untuk beristirahat di hari Minggu?
  2. Orang-orang yang seharusnya mereka beri kesaksian, hanya menyaksikan penyimpangan mereka dari Tuhan. Menyucikan diri Anda sebagai orang percaya dan beristirahat di hari Minggu. Apakah rumah Anda sunyi, atau ada yang bekerja seperti mencuci, pertukangan dan pekerjaan rumah?
    Apakah Anda seperti orang yang tidak percaya yang berbelanja pada hari Minggu dan apakah Anda membiarkan orang lain bekerja untuk Anda?
  3. Tindakan Nehemia:
    1. Dia menyebutnya buruk dan mengacu pada hukuman yang akan berdampak dari bertindak ini.
    2. >Dia menutup pintu-pintu
    3. Dia menunjukkan dirinya adalah tegas. Musuh bertahan, tapi Nehemia TIDAK menyerah.

Pernikahan campur dengan wanita asing:

  1. Bahkan di rumah Eliashib, Imam Besar.
  2. Itu adalah dosa, karena mereka tidak memperhatikan terang yang telah diberikan kepada mereka selama sejarah bangsa.
  3. Anak-anak adalah korban.
  4. Tindakan Nehemia:
    1. Nehemia menyerang dosa dengan keras TIDAK DENGAN LEMAH LEMBUT.
    2. Nehemia mengingatkan Salomo (raja) tentang konsekuensi dari ketidaktaatannya.
    3. Nehemia menunjukkan kepada mereka dengan JELAS bahwa itu adalah PENOLAKAN kepada Tuhan.

Mengapa diperlukan untuk memberikan "PERSEPULUHAN"?

  1. Itu adalah pengakuan bahwa harta benda kita BUKAN milik kita, tapi milik TUHAN! Maleakhi 3:7-10, Kejadian 1:28: Di mana kita ditetapkan sebagai pelayan oleh Tuhan.
  2. Dalam Perjanjian Lama, bangsa Israel diwajibkan untuk memberikan persepuluhannya kepada para imam untuk menunjang kehidupan mereka. Para imam pada gilirannya juga harus memberikan sepersepuluh dari persepuluhan mereka (kepada imam besar). Bila hal ini tidak terjadi, maka para imam sendiri harus bekerja dan melakukan pelanggaran hukum yang dilakukan bangsa, karena ajarannya berhenti dan tidak ada yang diperintahkan dalam hukum Tuhan. Akibatnya, Tuhan Sendiri berpaling dari mereka dan mencurahkan Murka-Nya atas mereka dan Dia menyerahkan mereka kepada kekuatan orang-orang kafir dan bangsa itu ditawan dan diasingkan dari tanah perjanjian, yang kaya akan makanan dan minuman.
    Begitu juga saat ini. Jika orang percaya tidak memberikan persepuluhan mereka (Untuk orang percaya Kristen Perjanjian Baru: sebanyak mungkin (keuangan, pakaian (bekas), mainan, seprai, transportasi) lihat Lukas 21:1-4, maka:
    1. Seseorang menyangkal bahwa semua harta benda mereka berasal dari Tuhan (karena memiliki pekerjaan itu juga merupakan anugerah dari Tuhan).
    2. Upah para pendeta dan diakoni. Hasilnya adalah:
      - Kegagalan mengajar
      - Tidak ada pengetahuan tentang dosa, yang mengakibatkan pelanggaran hukum
      - Orang beriman sendiri tidak menerima pahala apapun dan akan diselamatkan melalui api, karena tidak ada tenaga jadi tidak ada buah.
    3. Tidak ada dukungan (hidup) untuk misionaris, penginjil dan pekerja Tuhan. Jadi tidak ada penyebaran Injil. Oleh karena itu melalui kegagalan Anda (hutang Anda) orang-orang hilang untuk selamanya, karena Anda juga bertanggung jawab untuk keselamatan orang-orang tidak percaya(berdoa saja tidak cukup) dan dukungan untuk para pekerja Tuhan. Untuk Anda yang ditugaskan sebagai penjaga, lihat Yehezkiel 3 dan 33. Hasilnya adalah:
      -Ketidaktaatan pada perintah Tuhan: Matius 28:19 dan Kisah Para Rasul 1:8
      - Anda memadamkan pekerjaan Roh Kudus dan hubungan Anda dengan Tuhan menjadi rusak
      - Ketika Anda telah memadamkan pekerjaan Roh Kudus, maka Anda hidup kembali di bawah pengaruh kuasa gelap dan Setan
      - Orang-orang tidak percaya, yang seharusnya bisa diselamatkan, terhilang untuk selamanya dan akan dibakar selamanya di lautan api!

Kembali ke MenuKembali ke atas


Kisah Para Rasul 3:1-10

Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah. Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah. Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah. Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami." Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka. Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu. Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah. Seluruh rakyat itu melihat dia berjalan sambil memuji Allah, lalu mereka mengenal dia sebagai orang yang biasanya duduk meminta sedekah di Gerbang Indah Bait Allah, sehingga mereka takjub dan tercengang tentang apa yang telah terjadi padanya.

ReturnBack


1 Cor. 12: 12-30

Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? Dan andaikata telinga berkata: "Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman? Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh? Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau." Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus. Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh. Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh?

ReturnBack


Luke 14:14-24

Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar." Mendengar itu berkatalah seorang dari tamu-tamu itu kepada Yesus: "Berbahagialah orang yang akan dijamu dalam Kerajaan Allah." Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada seorang mengadakan perjamuan besar dan ia mengundang banyak orang. Menjelang perjamuan itu dimulai, ia menyuruh hambanya mengatakan kepada para undangan: Marilah, sebab segala sesuatu sudah siap. Tetapi mereka bersama-sama meminta maaf. Yang pertama berkata kepadanya: Aku telah membeli ladang dan aku harus pergi melihatnya; aku minta dimaafkan. Yang lain berkata: Aku telah membeli lima pasang lembu kebiri dan aku harus pergi mencobanya; aku minta dimaafkan.Yang lain lagi berkata: Aku baru kawin dan karena itu aku tidak dapat datang. Maka kembalilah hamba itu dan menyampaikan semuanya itu kepada tuannya. Lalu murkalah tuan rumah itu dan berkata kepada hambanya: Pergilah dengan segera ke segala jalan dan lorong kota dan bawalah ke mari orang-orang miskin dan orang-orang cacat dan orang-orang buta dan orang-orang lumpuh. Kemudian hamba itu melaporkan: Tuan, apa yang tuan perintahkan itu sudah dilaksanakan, tetapi sekalipun demikian masih ada tempat. Lalu kata tuan itu kepada hambanya: Pergilah ke semua jalan dan lintasan dan paksalah orang-orang, yang ada di situ, masuk, karena rumahku harus penuh. Sebab Aku berkata kepadamu: Tidak ada seorangpun dari orang-orang yang telah diundang itu akan menikmati jamuan-Ku."

ReturnBack


Ephesians 6:10-20

Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil, yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.

ReturnBack